Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Tensi Tekanan Darah
Gambar Tes tekanan darah diambil dari google
Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Umumnya penderita mempunyai sekurang-kurangnya tiga bacaan tekanan darah yang melebihi 140/90 mmHg saat istirahat.

Penyakit hipertensi ada yang primer (sebab tak diketahui) dan  sekunder karena adanya penyakit lain yang mempengaruhi tekanan darah seperti penyakit ginjal. Tekanan darah yang selalu tinggi adalah salah satu faktor resiko untuk stroke dan serangan jantung.

Pada sebagian besar penderita, hipertensi tidak menimbulkan gejala, meskipun secara tidak sengaja beberapa gejala terjadi bersamaan. 

Gejala yang dimaksud adalah:
  • sakit kepala
  • pusing
  • perdarahan dari hidung
  • wajah kemerahan dan
  • kelelahan.
Jika hipertensinya berat atau menahun bisa timbul gejala seperti sakit kepala, kelelahan, mual, muntah, sesak nafas, gelisah, pandangan menjadi kabur yang terjadi karena adanya kerusakan pada otak, mata, jantung dan ginjal, bahkan penurunan kesadaran.

Kegemukan (obesitas), gaya hidup yang tidak aktif (malas berolahraga), stress, alkohol atau garam dalam makanan bias memicu terjadinya hipertensi pada orang-orang memiliki kepekaan yang diturunkan. Stress cenderung menyebabkan kenaikan tekanan darah untuk sementara waktu, jika stress lelah berlalu, maka darah biasanya akan normal kembali.

Demikian lah Sekilas tentang penyakit darah tinggi atau hipertensi, pada kesempatan yang akan datang wawasan insani akan mencoba membahas tentang Anemia (kurang darah). semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat pembaca semua.

Penyakit darah tinggi atau hipertensi

Untuk Menambah wawasan anda silahkan kunjungi link berikut ini:

0 Response to "Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)"