Pneunomia

Tanda tanda Gejala Pneunomia
Tanda Gejala Pneunomia
Pneumonia adalah infeksi akut yang mengenai jaringan paru-paru (alveoli). Seringkali Pneunomia pada anak bersamaan dengan proses infeksi akut pada bronkus (biasa desebut bronchopneumonia).

Gejala penyakit Pneunomia ini biasanya didahului oleh gejala: Panas badan meningkat, Batuk, Napas cepat dan napas sesak, karena paru paru meradang secara mendadak.
Batas napas cepat adalah frekuensi pernapasan sebanyak 50 kali permenit,

Pneunomia yang ada di masyarakat umumnya disebabkan oleh bakteri, virus atau mikoplasma (bentuk peralihan antara bakteri dan virus). Bakteri yang umum adalah streptococcus Pneumonia, Staphyloccoccus Aureus Klebsiella SP, Pseudomonas sp, virus misalnya virus influenza.

Pneunomia Berat ditandai dengan adanya batuk dan atau kesukaran bernapas, napas sesak atau penarikan dinding dada sebelah bawah ke dalam pada anak usia 2 bulan sampai kurang dari 5 tahun. Pada anak dibawah 2 tahun, bahaya Pneunomia dapat disertai kejang demam yang sangat berbahaya jika tidak mendapat pertolongan yang baik dan benar.

Penanggulangan penyakit Pneunomia menjadi fokus kegiatan program P2ISPA (Pemberantasan penyakit infeksi saluran pernapasan akut). Program ini mengupayakan agar istilah Pneunomia lebih dikenal masyarakat, sehingga memudahkan kegiatan penyuluhan dan penyebaran informasi tentang penanggulangan Pneunomia.

Penyakit ISPA diluar Pneunomia ini antara lain: batuk-pilek biasa (common cold), Pharyngitis, tonsillitis dan otitis. Pharyngitis, tonsillitis dan otitis, tidak termasuk penyakit yang tercakup dalam program ini.

Pneunomia  Merupakan masalah kesehatan di dunia karena angka kematiannya tinggi, tidak saja dinegara berkembang, tetapi juga dinegara maju seperti  AS, Kanada dan Negara-negara Eropah. Di AS misalnya, terdapat dua juta sampai tiga juta kasus Pneunomia per tahun dengan jumlah kematian rata-rata 45.000 orang.

Di Indonesia, Pneunomia merupakan penyebab kematian nomor tiga setelah kardiovaskuler dan tuberculosis. Faktor social ekonomi yang rendah mempertinggi angka kematian. Gejala Pneunomia adalah demam, sesak napas, napas dan nadi cepat, dahak berwarna kehijauan atau seperti karet, serta gambaran hasil ronsen memperlihatkan kepadatan pada bagian paru.

 Sumber : Penanggulangan Penyakit

Untuk Menambah wawasan anda silahkan kunjungi link berikut ini:

0 Response to "Pneunomia"

Post a Comment