Ciri ciri Gejala Kanker Payudara

Ciri ciri gejala Kanker Payudara
Gambar Payudara
Kanker payudara adalah salah satu tumor yang sering mengenai payudara. Penyakit ini bukan Cuma diderita wanita, pria pun dapat mengalaminya. Hanya saja pada pria kemungkinan terjadinya sangat kecil. Kanker payudara ini termasuk kelompok kanker ganas meskipun dapat dicegah secara dini. 

Diantaran penyakit kanker di Indonesia, penyakit kanker payudara ini merupakan penyebab utama kematian pada wanita. Sampai saat ini penyebab pastinya belum diketahui.
Meskipun sebab pastinya belum diketahui, namun telah diketahui beberapa faktor resiko yang memicu terjadinya kanker payudara diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Faktor keturunan, misalnya orang tua pernah menderita kanker payudara.
  • Mestruasi pertama pada usia 12 tahun, menopause setelah 55 tahun.
  • Kehamilan pertama setelah usia 30 tahun atau belum pernah hamil.
  • Wanita yang mengkonsumsi alkohol.
  • Wanita yang sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi.
  • Mengalami stres yang berat.
Gerjala gejala kanker payudara sering diketahui sudah dalam stadium yang bertat dan telah disertai penyebaran luas diluar payudara sehingga penangananya menjadi sulit dan perlu biaya besar. Gejala yang sering munculk dan dirasakan adalah adanya:
  1. Benjolan pada payudara. Benjolan itu mula-mula kecil umumnya tidak disertai nyeri , makin lama makin besar, lalu melekat pada kulit .
  2. Puting susu atau kulit disekitar puting susu tertarik ke dalam.
  3. Timbul borok pada payudara. Borok itu makin lama makin besar, sering berbau busuk dan mudah berdarah.
  4. Perdarahan pada puting susu.
  5. Rasa sakit atau nyeri pada umumnya baru timbul kalau tumor sudah besar, sudah timbul borok atau kalau sudah ada penjalaran kanker.
  6. Kemudian timbul pembesaran kelenjar getah bening di ketiak, bengkak pada lengan, dan penyebaran kanker ke seluruh tubuh.
Salah satu pemeriksaan sederhana yang dianjurkan dan mudah silakukan secara mandiri adalah SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Dirumah secara rutin. Semakin cepat penyakit ini diketahui maka semakin mudah penanganannya.
Sebenarnya kanker payudara dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, makanan yang bergizi dan seimbang, berolah raga dan melakukan pemeriksaan dini.
Demikianlah sekilas tentang kanker payudara serta ciri-cirin gejalanya. Semoga  tulisan ini bermanfaat buat pembaca semua.

Untuk Menambah wawasan anda silahkan kunjungi link berikut ini: