Penyakit Kulit Skabies

Kenali penyakit kulit anda
Gambar kena penyakit skabies
Penyakit Skabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu /tungau/mite (Sarcoptes scabei). Kutu ini berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Penyakit ini juga mudah menular dari manusia ke manusia, dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Penyakit Skabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, sprei, handuk, bantal, air yang masih terdapat kutu Sarcoptes nya.
Penyakit Skabies ditandai dengan rasa gatal yang sangat pada bagian kulit seperti sela-sela jari, siku, selangkangan. Rasa gatal ini menyebabkan penderita Skabies menggaruk kulit bahkan bias menimbulkan luka infeksi yang berbau anyir. Rasa gatal tersebut akibat kaki Sarcoptes dibawah kulit yang bergerak membuat lubang dibawah permukaan kulit.
Penyebabnya adalah kondisi kebersihan yang kurang terjaga, sanitasi yang buruk, kurang gizi dan kondisi ruangan yang terlalu lembab dan kurang mendapat sinar matahari secara langsung. Penyakit kulit scabies menular dengan cepat pada satu komunitas yang tinggal bersama sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh pada semua orang dan lingkungan pada komunitas yang terserang scabies, karena apabila dilakukan pengobatan secara individual maka akan mudah tertular kembali penyakit scabies.
Gejala yang ditunjukkan adalah 
  1. Warna merah, iritasi dan rasa gatal pada kulit yang umumnya muncul  di sela-sela jari, siku, selangkangan, dan lipatan paha. 
  2. Muncul gelembung berair pada kulit.
  3. Munculnya garis halus yang berwarna kemerahan di bawah kulit yang merupakan terowongan yang digali Sarcoptes.
Dokter biasanya memastikan penyakit scabies dengan menemukan terowongan bawah kulit dan terdapat kutu atau telur sarcoptes pada pemeriksaan kerokan kulit.
Pencegahan yang paling utama adalah :
  • Menjaga kebersihan badan dengan mandi secara teratur
  • Menjemur kasur, bantal dan seprei secara teratur.
  • Menjaga lingkungan di dalam rumah agar tetap mendapatkan sinar matahari yang cukup, tidak lembab dan selalu dalam keadaan bersih. 
Tindakan yang sangat penting untuk pengobatan penyakit scabies ini adalah memutus mata rantai penularan. Sehingga pengobatan penyakit scabies biasanya dilakukan secara masal agar mata rantai penularan dapat dibasmi secara cepat dan tuntas. 

Demikianlah sekilas tentang Penyakit Skabies, semoga kita dapat selalu menjaga kebersihan diri kita dan lingkungan tempat tinggal kita, agar kita terhindar dari Penyakit Skabies.

Untuk Menambah wawasan anda silahkan kunjungi link berikut ini: